Sejarah

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM)-IIM, merupakan lembaga penjaminan mutu tingkat institut di lingkungan Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum (IIM) Surakarta. LPM secara resmi berdiri sejak tahun 2020 pada saat pergantian jabatan fungsional pimpinan rektorat. Meski demikian semacam lembaga penjamin mutu telah ada di IIM sejak tahun 2001 yang pada saat itu cakupan tugasnya masih spesifik mengurusi akreditasi program studi (Prodi).

Tugas harian LPM dijalankan oleh seorang Kepala Penjaminan Mutu yang bekerja secara terintegrasi dan komperhensif dengan di bawah koordinasi Wakil Rektor 1. Saat ini fokus utama dari kegiatan penjaminan mutu diprioritaskan pada bidang akademik proses pembelajaran. selanjutnya secara bertahap kegiatan penjaminan mutu akan merambah bidang non-akademik yaitu keuangan, administrasi, dll. Pada akhirnya target utama LPM kedepan adalah membentuk sistem penjaminan mutu yang sistematis dan terpadu baik bidang akademik dan non-akademik di lingkungan IIM.

Program kerja LPM meliputi perencanaan sasaran mutu, monitoring dan evaluasi pelaksanaan rencana mutu, dan pemeliharaan dan peningkatan mutu secara berkesinambungan. Program peningkatan mutu antara lain berupa pelatihan-pelatihan dosen agar memiliki kompetensi pendidikan dengan kemampuan desain pembelajaran yang baik.

Pelayanan kepada eksternal IIM juga dilaksanakan atas kepercayaan masyarakat dunia pendidikan baik dasar, menengah, maupun perguruan tinggi. Tim fasilitator yang telah berpengalaman (wawasan, pengetahuan, dan keterampilan) serta telah mengikuti banyak pelatihan siap membantu unit pendidikan di luar IIM.

Survei Kepuasan LPM

Survei ini bertujuan untuk mengetahui pendapat dan ekspektasi pengguna tentang layanan Lembaga Penjaminan Mutu (LPM).
Informasi dan data diri bersifat rahasia dan tidak mempengaruhi diri anda.

Layanan Aduan

Ajukan segala bentuk aduan berkaitan dengan Audit, Monev, Akreditasi, Inovasi Pembelajaran, Pengambangan Sistem, Administrasi dan Pelayanan, ataupun hal lain yang berkaitan dengan LPM.
Scroll to Top